Seminggu Di Inggris

SELAMAT! Dapet tiket ngunjungin Inggris selama seminggu nih (kita berandai-andai aja ya). Wew… Harus bikin list neh, kira-kira kita mau plesir kemane aje yaaaa? Let’s make our recreation list!!

Oh ya sebelumnya, ini teh sedikit rangkuman dari buku CHEERS UK karangan CITRA DYAH PRASTUTI loh ^^V hehehe...

So, misalkan sekarang hari Senin. Setelah melewati perjalanan sekitar 17 jam dari Jakarta menuju London, kita baru aja mendarat nih di Heathrow Airport, London, dengan menggunakan pesawat British Airways. Nah, pastinya barang-barang kita bejibun dooonk banyaknya, hehe... Yaaaa kecuali buat kalian-kalian yang ke Inggris tapi nggak untuk berlibur atau belanja (huh! Rugi banget neeeeek!)...Dari sini, kita bisa pilih untuk naik taksi atau naik tube (buat yang belom tau tube, tube itu bentuknya kayak kereta api gitu deh dan tube punya stasiun sendiri, tarif jarak dekat sekitar £3). Tapi, siapa sih yang nggak tau kalo negara Poundsterling ini tuh negara super duper mahal???? So, harga taksinya juga nggak kalah mahal donk... Cuman, kerennya taksi Inggris tuh, mereka udah dilengkapi sama GPS. Jadi, pertama naik kita harus langsung bilang mau kemana kita, dan yang terpenting adalah kode pos, soale kode pos itu penting untuk nentuin berapa biaya yang harus kita keluarin.

Naik Taksi di London
Ada 2 pilihan taksi di London: black cab dan mini cab. Secara bentuk sih sama aja, yang ngebedain adalah harganya. Yang satu mahal, dan satu lagi agak mahal. Pokoke, kalo mau naik taksi itu, naiklah taksi yang berlisensi. Soalnya kalo terjadi apa-apa sama si penumpang, polisi bisa nyari taksi itu n minta pertanggung jawaban. Biasanya lisesnsi taksi ditempel dalam bentuk stiker, di kaca depan taksi, lengkap dengan nomer telfon bebas pulsa untuk memesan taksi itu.

Oh ya, London itu rajanya CCTV, so jangan heran kalo kita bakal nemuin banyak CCTV di pos satpam, restoran, atau hotel. Gara-gara bom London 2005, CCTV jadi merajalela.

Well, hari Senin siang ini kita gunakan untuk istirahat aja ya, let’s continue our trip on tomorrow morning ^^ Finally, bisa juga kita istirahat di accommodation yang lumayan nyaman ini (British nggak menyebut asrama dengan sebutan “dorm”, melainkan “accommodation”). Seminggunya menghabiskan kocek sekitar £105! Omg… Belum-belum udah ngeluarin uang ratusan pounds! Kalo kayak gini, bener-bener harus hidup hemat!!

TUESDAY
Hmmmh pagi ini kita jalan-jalan ke China Town nya London dulu yuk… China Town di London terletak di pusat kota, patokannya adalah Leicester Square. Nah kalo mau belanja makanan-makanan asia, kita mampir aja yuk ke Loon Moon. Ini adalah supermarket yang terdiri dari dua lantai, ground dan basement. Nah yang di basement ini isinya semua buat warga Indonesia. Ada bumbu jadi nasi goreng, kecap, Indomie, dll.
Hmmmh laper nih setelah berkeliling di China Town, sebelum menuju ke next destination, kita makan siang di Wong Kei dulu ya! Wong Kei adalah nama restoran Cina yang letaknya masih di Leicester Square. Biasanya orang-orang membayar sekitar £5.25 untuk mengisi perut di Restoran ini.
Udah agak sorean nih, kita main ke stadionnya Arsenal yuk! Letaknya di Avenell Road, Highburry. Yuk foto-foto dulu ^^

Hidup Cermat di Negara Poundsterling
1. Beli baju lumayan murah: Pettycoat Lane (datanglah hari Minggu), Lilly White (jual baju murah sekitar £1), atau di charity atau carbooth sale.
2. Nuker uang di: Victoria Station. Nuker US $100 bisa dapet £55, sedangkan di tempat lain cuma dapet £54. Cuman kalo mau nuker mata uang lain, silahkan ke Marks and Spencer.
3. Makan murah? Jajal resto ayam goreng (semacam KFC gadungan) miliknya warga Arab. Cuma dengan £2, bisa dapet 4-6 potong ayam loh! Dan udah lengkap dengan minuman. Wow…

Oh ya, yang perlu diinget kalo belanja di supermarket adalah kita harus sigap masuk-masukkin belanjaan kita ke kantong plastik atau kertas belanjaan (pas di kasir), soalnya disini nggak ada tuh acara mbak-mbak kasirnya dibantuin temennya buat masuk-masukkin belanjaan kita ke dalam kantong plastik. Harus kita sendiri yang melakukannya.

Di London ada masjid besar namanya London Central Mosque yang dibangun taun 1978.

London Central Mosque

Hey udah sore neh… Sebelum pulang, let’s shop in Primark! Ini toko mirip FO di Bandung. Lumayan loh, pakaian disini murah-murah. Kayak kaus yang cuma £4, atau jaket yang cuma £10. O’oow.. Keasyikan shopping sampe nggak kerasa udah malam, yuk pulang!

WEDNESDAY
Hooaaahhm! Setelah sarapan dengan cornflakes ajah, yuk jalan-jalan! Pagi ini tujuan kita adalah ke London Fair di Hyde Park! Grab your bag and let’s goooo! Sebenernya London Fair ini adalah salah satu penanda tahun baru di London. Dan London Fair ini kayak pasar malam banget. Hyde Park adalah salah satu taman paling besar di London, luasnya 1.4 km2 loh… Hyde Park letaknya diujung Oxford Street. Well, karna ga ada yang terlalu menarik dari London Fair ini, mending kita packing dan siap-siap plesir ke York aja yuk!!
Tadaaaa… Udah agak sorean nih, langsung aja yuk tancap ke York! Siapin uang sekitar £9.5. Naik kereta dengan rute London-York. Tapi, cuma ada satu keberangkatan hari ini, yaitu pukul 21 dan sampai di York pukul 23. Pulangnya… Gimana kalo naik bus York-Leeds-London aja? Leeds-London hanya sekitar £5 kok kalo naik Megabus. Tapi sekarang kan masih sore. Kita kemana dulu ya? Mmmm gimana kalo kita shopping dulu di Bicester Village? SETUJU! Yuk…

Bicester Village ini letaknya diluar kota London. Jaraknya satu jam naik kereta dari stasiun Marylebone. Untuk ke Bicester Village ini, mendingan kita beli tiket return deh. Cuma £15 aja, dibanding sama tiket single naik Chiltern Railways yang harganya £44/orang! Gile… Kita naik kereta ini menuju Bicester North (nama stasiunnya). Sebenernya kereta ini menuju ke Birmingham, tapi lewat Bicester. Sampe di stasiun itu, kita naik Taxibus (mirip L300 gitu) langsung menuju Bicester Village, dengan £1 aja.

Weeeei! Sampe juga di Bicester Village. Buat yang mau belanja atau sekedar window shopping Puma, Kipling, Monsoon, Calvin Klein atau Burberry, silahkan ^^ Oh ya, jangan lupa ya, pukul 21 kita harus berangkat ke York!

Oke, Rabu malam. Sebelum ke Kings Cross untuk naik kereta ke York, kita makan malam dulu yuk di Kings Roaster. Itu tuh… sebuah resto ayam yang murah meriah. Abis makan malam, langsung brangkaaaaat ke York.

THURSDAY
Welcome to York, Everybody! Oke, tujuan pertama kita adalah ke Clifford Tower.

Cliffords Tower

Katanya sih, sejarahnya Cliffords ini adalah tempat bunuh diri massalnya warga Yahudi di York. Bagus banget deh towernya, masa di tengah kota ada bukit yang diatasnya ada towernya??? Kalo kita bawa student card, kita bisa masuk tower ini hanya dengan £2.10 aja, asalnya sih buat adult itu £2.80, cuman kalo pelajar bisa masuk hanya dengan £2.10 (dengan nunjukkin student card tentunya).

Karna cuma bisa plesir satu hari di York (demi menghemat waktu), sekarang kita berangkat ke Leeds yuk! Sore ini kita abisin cuma untuk jalan-jalan aja di Leeds. Dan nanti malam kita harus makan dulu sebelum balik ke London, ya kan? Oh ya, kita ke SpiceMania aja yuk! Restoran all you can eat ala India gitu. Yaaaa harganya sekitar £4.99 untuk lunch buffet. Kalo makan malam? Pokoknya kan all you can eat, dijamin perut kenyang deh… Hehehe

FRIDAY
Back to London. Udah hari Jum’at aja nih, beberapa hari lagi kita harus pulang ke Indonesia. Mendingan kita ngemil crepes yang paling enak di London Utara aja yuk, restoran crepes La Crêperie de Hampstead. Kalo mau kesini tinggal naik tube Northern Line yang kearah Edgware, trus turun di stasiun Hampstead. Keluar stasiun, trus belok kiri. Jalan terus sampe ketemu pub King William IV. Nah gerai crepes itu tepat di depan pub tersebut. Enak banget crepes yang harganya sekitar £3.65 ini, tapi tergantung isinya juga sih… Pokoknya yummy…

Nggak afdol rasanya kalo ke Inggris tapi gak main ke Liverpool. Nah, jalan-jalan n foto-foto di stadionnya Liverpool yuk, yaitu stadion Anfield, yang letaknya di Sandhills. Dari sini, ayo kita langsuuuung saja ke Manchester! Liat-liat n foto-foto di stadionnya Manchester dooonk… Cekrek, cekrek…

SATURDAY
Okay, okay. It’s weekend :( Itu berarti, cuma tinggal bentar lagi kita di negaranya si Keren Prince Harry itu. Oke deh, jangan sedih! Yuk plesir ke Stonehenge! Itu loh… Deretan batu-batu yang suka jadi wallpaper di desktop kita. Lupa? Nih gambarnya…

Stonehenge

Eittts.. Sebelum ke Stonehenge, kita tengok Oxford Street Festival dulu yuk! Denger-denger dari tivi, lagi ada Oxford Street Festival. Well, ternyata saat ini barang-barang lagi pada diskon boooooo’! CD yang biasanya diatas £10. sekarang lagi pada diskon! Weii, ada toko yang lagi sale baju £5-£7 gitu! Sip deh, tancap ke toko itu! Lumayan kan, bisa dapet baju-baju keren di Negara supermahal ini? Hihihi… Oke deh, kita berjalan menyusuri Oxford Street yang lagi rame banget ini, sebelum berkunjung ke Stonehenge.

Sorenya, dari Stonehenge, mending kita ke Campbridge. Disini ada toko buku namanya Galloway and Porter, yang lagi sale buku seharga £1 aja! Gila nggak sih! Yuk belanja buku!

SUNDAY
Hmmmh… Besok harus udah balik ke Indo. Sekarang liat parade gajah aja yuk di St. James Park. Naik bus nomer 91 dan turun di Charing Cross Station. Nah, disini kita bisa liat gajah yang berukuran super jumbo! Ya cuma gajah mekanik tentunya. Nah ada petugas yang kerjanya menggerakkan ekor gajah, dll. Trus ada juga mekaniknya anak kecil yang berukuran jumbo!

Karena besok udah harus pulang, so hari ini kita harus ke Bigben! And then, siap-siap untuk foto buat pp facebook donk, hihihi… Tapi sebelum ke Bigben, kita makan siang dulu yuk di La Porchetta, letaknya di Muswell Hill. Dari Kings Cross, naik tube Northern Line sampe HighGate, nyebrang, dan naik bus 43. Oke deh, finally sampe juga kita di La Porchetta resto. Makaaaaaaan!

Setelah itu, cekrek-cekrek dulu ya dibawah Bigben! Hmmmh… Sedihnya harus ninggalin London dan si Cantik Bigben, dan segala barang-barang mahalnya :(

BIG BEN ♥

MONDAY
Well, sobat! Kita udah sampe di Indonesia lagi nih, setelah ngabisin satu minggu di negaranya Lady Diana itu (yaaaa meskipun dari awal emang cuma andai-andai aja. Tapi kan semoga jadi kenyataan, ya gak???)… Pokoknya berdoa n terus berusaha deh… Semoga kita semua bisa sampe di Negara itu ya. Dan thank you buat my dear Milka Anggun, yang her previous note nya udah jadi inspirasi aku buat menyalurkan uneg-uneg dikepalaku tentang si Menawan Britania Raya. Well, United Kingdom, wait for us yaaaaaa! (amiin ya Allah) ^_^

taken from  http://www.facebook.com/editprofile.php?sk=entertainment&success=1#!/note.php?note_id=154218991274587
Thank u Andra ...

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!