All about him (father)

Tepat 2 minggu Ayah telah meninggalkan aku di dunia yang fana ini. Tak pernah lepas dari ingatanku akan sosok Ayah yang adalah figur sempurna dalam hari-hariku. Masih jelas pula dalam sel-sel otakku ketika Ayah tersenyum menyambut diriku saat pulang menuntut ilmu. Sungguh aku merindukan detik-detik itu.

Ayah termasuk sosok yang melankolis, mudah terharu namun berwibawa. Ayah memang orang yang tidak banyak berbicara, tetapi ia selalu menjadi contoh yang baik bagiku. Tidak pernah ku dengar Ayah mengeluh saat sakit menyergap dirinya, hingga pembuluh darah jantungnya pecah, beliau tak bersuara.

Ayah juga sosok yang rindu akan Tuhan. Meski raganya telah rentan dilahap usia, semangat bergerejanya melebihi semangat anak muda. Ketika Minggu pagi menjelang, ketika matahari pagi belum beranjak dari tidurnya, Ayah tanpa suara sudah bersiap untuk pergi beribadah. Beliau membangunkanku "ni, bangun, gereja" lalu duduk di depan teras menunggu kesiapanku. Saat Perjamuan Kudus akhir tahun, Ayah juga tak lelah berkeinginan mengikuti sakramen itu.

Tak kuasa ketika aku mengingat betapa aku adalah anak kesayangan Ayah. Saat aku belum pulang kuliah, beliau selalu menunggu kedatanganku sambil duduk di teras rumah. Ketika beliau pergi ke suatu tempat, tak lupa ia membawa buah tangan untukku. Sehelai sapu tangan berwarna merah pemberian Ayah kini menjadi alat penyeka ketika air mata membasahi pipiku. Ayah sungguh penuh kasih sayang.

Ramah kepada siapapun, itulah Ayah. Dari tukang bubur, tukang pisang, tukang jamu, tukang sol sepatu sampai tukang loak semua mengenal Ayah dengan baik, mereka menjadi akrab layaknya saudara. Bahkan kepada orang tak dikenalpun Ayah akan melontarkan senyum tulusnya, hal yang sulit untuk kulakukan hingga detik ini.

Setiap menit kebersamaanku dengan Ayah adalah hal berharga, aku berdoa agar ingatanku tentang Ayah tak pernah menjadi bayang-bayang samar.

I really miss you Daddy ..

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!