[Review] [Spoiler!!] Extraordinary You : Kenapa Haru?


Sebenarnya ini drama akhir tahun lalu (2019), tapi sampai sekarang belum move on dari karakter Eun Dan Oh dan Haru. Kayak masih terbayang-bayang aja dengan ide cerita yang out of the box sang penulis. Bisa-bisanya bikin Manhwa yang tokoh-tokohnya sadar kalau mereka ada di dunia Manhwa. Seolah-olah penulis mau berbagi keyakinan kalau setiap tokoh yang diciptakan bisa menjadi nyata, entah di pikiran penulis, di pikiran pembaca, maupun di pikiran para tokoh dalam cerita itu sendiri. 

Ditambah, drama yang berjudul asli 어쩌다 발견한 하루 (Eojjeoda Balgyeonhan Haru/Haru Found by Chance) ini mengusung ide bahwa setiap cerita dalam Manhwa adalah stage buat para tokohnya. Bayangkan lagi main drama di teater, mereka harus mementaskan tiap adegan sesuai arahan penulis. Setelah adegan mereka selesai, mereka baru bisa jadi diri mereka sendiri di alam sadar mereka yang diberi nama shadow, tapi kalau mereka sadar jika mereka adalah karakter Manhwa ya. Kalau ga sadar, ya mereka akan tetap jadi tokoh yang diciptakan penulis dan ga akan ingat apa yang terjadi di shadow. Di shadow juga mereka bisa bergerak dan mengucapkan apapun yang mereka kehendaki, tapi kalau sudah saatnya masuk ke stage mereka bisa tiba-tiba pindah tempat dan adegan (tentunya sesuai kehendak penulis).

Nah, di drama ini, karakter Eun Dan Oh adalah karakter figuran yang sedang sekarat karena punya penyakit jantung. Dia karakter pertama yang sadar kalau dia ada di dunia Manhwa berjudul Secret (비밀/bimil). Dia ga bisa terima dengan ide penulis yang membuat dia bertubuh lemah dan bernasib menyedihkan karena bertunangan dengan Baek Kyung, si karakter super jutek yang akhirnya bucin, apalagi dia gatau kapan penulis akan mengakhiri hidupnya. Oleh karena itu Dan Oh bertekad untuk mengubah nasibnya sesuai keinginan dia, bukan keinginan penulis.

Ditengah-tengah usahanya untuk mengubah nasib, muncullah sesosok pria misterius berwajah rupawan bertubuh tinggi semampai nan elok. Dia bukan karakter utama atau pun pendukung di Manhwa, bahkan dia ga punya dialog dan nama. Digambar Manhwa-nya pun dia ga punya sketsa wajah alias benar-benar pemain figuran yang cuma numpang lewat. Tapi ternyata, sosok pria ini membawa dampak besar bagi usaha Dan Oh untuk menciptakan dunianya sendiri.

Beberapa kali dia membantu Dan Oh dan dia juga sadar kalau dia ada di dunia Manhwa. Akhirnya, di suatu moment, Dan Oh yang merasa hari-harinya mulai berubah lebih baik karena kehadiran sosok pria tersebut memberinya sebuah nama. Haru, yang dalam Bahasa Korea juga memiliki artinya hari. Haru yang telah membuat hari-hari Dan Oh menjadi lebih berwarna dan bermakna.

Dialur cerita, sosok Haru pun ternyata ingin mencari jati dirinya. Karena ia yang tidak punya nama dan tidak tahu asal usulnya ini selalu mengkhawatirkan Dan Oh, bahkan sebelum Dan Oh meminta bantuan untuk mengubah dunianya. Ia juga menjadi satu-satunya karakter yang bisa bergerak bebas tidak hanya di shadow tetapi juga di stage. Oleh karena itu, ia pun jadi semakin penasaran.


Haru juga rela melakukan apapun untuk membuat Dan Oh bisa mewujudkan keinginannya. Sebenarnya karena karakter Haru ini berjiwa polos dan rela berkorban juga sih, tapi ya rela berkorban untuk Dan Oh aja. Hehe. Haru juga sosok yang kalem dan ga banyak tingkah, tapi sekalinya diusik, apalagi sama tunangannya Dan Oh, si Baek Kyung, bisa sampai nyebur ke kolam renang lawannya itu. Haha. 

Selain itu, karakter Haru juga jago banget main alat musik daegeum (seruling bambu), melukis dan pintar banget Sastra Korea. Dia bahkan dapat nilai sempurna saat ujian Bahasa Korea dikelasnya, tapi pas ujian Bahasa Inggris dia dapat nilai 0. Usut punya usut, ada makna tersirat disetiap adegan yang menonjolkan kemampuan haru. Kenapa Haru old-fashion banget ya? Kenapa juga pas diawal Haru ga punya sketsa wajah di Manhwa? Dan kenapa hanya Haru yang bisa bergerak bebas dan membantu Dan Oh mengubah cerita di stage?


 


Tidak lain tidak bukan, sosok Haru tidaklah berasal dari Manhwa Secret tapi ia adalah tokoh dari sebuah Manhwa lain yang berjudul Trumpet Flower. Dimana setiap stage yang diperankan oleh Dan Oh dan tunangannya Baek Kyung, sama persis dengan apa yang terjadi dalam stage Manhwa Secret. Oleh karena itu Haru bisa bergerak bebas karena dia bukan bagian dari Secret. Lalu, siapakah Haru? Dahulu ia adalah pengawal Baek Kyung yang seorang pangeran di Trumpet Flower dan Haru saling jatuh cinta dengan Dan Oh. Ia datang ke dunia Manhwa yang baru untuk bertemu Dan Oh yang tidak bisa ia temui lagi di Trumpet Flower. Tidak hanya ingin bertemu kembali dengan Dan Oh, Haru juga datang untuk melindunginya.  Hanya saja diawal mereka tidak ingat sosok mereka sebelumnya. 

 

Dalam drama ini kita akan disajikan dengan beberapa alur yang bergerak mundur untuk mengungkap siapa sosok sebenarnya dari Haru, Dan Oh dan Baek Kyung di masa lalu. Juga bagaimana Haru dan Dan Oh menciptakan kehidupan yang mereka inginkan tanpa campur tangan penulis. 

Extraordinary You bisa dijadikan tonton wajib bagi kamu yang suka drama sekolah maupun drama penuh teka-teki. Selamat menonton!

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!