[Review] Hospital Playlist - Drama Kedokteran Bertema Persahabatan


Hospital Playlist atau yang berjudul asli Wise Doctor Life (슬기로운 의사생활/Seulkirowoon Uisasaenghwal) bercerita tentang lima orang dokter yang bersahabat sejak pertama kali berjumpa di tahun pertama sekolah kedokteran. Ga seperti drama kedokteran pada umumnya yang melulu menjabarkan detail-detail operasi dan perebutan posisi kepala rumah sakit, drama yang tayang di Netflix ini justru menghadirkan kisah persahabatan kental dari kelima tokoh utamanya yang suka menyalurkan hobi ngeband diakhir pekan. Ditambah bagaimana mereka yang secara tidak langsung menjadi inspirasi bagi rekan-rekan sejawat di rumah sakit, sesuai dengan judul aslinya, Wise Doctor Life.


Dokter pertama yang akan kita bahas adalah Dokter Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho) si spesialis bedah toraks yang super galak dan punya lidah lentur kalo lagi ngegas sama bawahannya. Tapi oh tapi, Jun Wan ini orang yang paling peka diantara kelima tokoh utama. Dia suka diam-diam datang ke pemakaman pasiennya yang ga bisa bertahan hidup, dia juga suka diam-diam menyelesaikan masalah yang dialami bawahannya. Selain itu, Jun Wan kalau makan cepat banget. Posisinya di band sebagai gitaris.


Dokter berikutnya adalah si penyayang anak, Dokter Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok, iya, Yoo Yeon Seok si ahli pedang di Mr. Sunshine). Jeong Won yang lima bersaudara ini, yang semua saudaranya berprofesi sebagai pastur, adalah dokter spesialis anak. Cocok banget sama mukanya yang kalem dan manis, Jeong Won ini paling ahli menenangkan para orang tua yang khawatir kala anaknya akan di operasi. Selain jadi dokter, ternyata Jeong Won punya kerinduan untuk melayani Tuhan sebagai pastur. Dialur ceritanya kita akan dibawa pada perjalanan Jeong Won dalam memutuskan takdir hidupnya. Anyway, posisinya di band sebagai drummer.


Next, Dokter Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung) seorang spesialis ginekologi yang penuh perhatian. Serius, kalau para mama khawatir sama kandungannya, Seok Hyeong paling jago kasih pengertian. Seok Hyeong ini tipikal anak mama. Dia sayang banget sama ibunya karena sang papa yang konglomerat ternyata sudah lama mempunyai wanita simpanan. Di samping itu semua, Seok Hyeong ini tipe pria pendiam yang ga sadar kalau ada wanita yang menyimpan perasaan sama dia.


Dokter Lee Ik Jun (Jo Jung Suk), si Dokter bedah umum yang disayang semua orang dan juga dokter paling ahli dibidangnya. Dalam satu minggu Ik Jun bisa melakukan lebih dari sepuluh operasi, bahkan beberapa diantaranya selesai dalam kurun waktu singkat. Ik Jun diceritakan sebagai papa muda yang punya anak super cute, super cerdas, dan super pengertian, Lee Woo Ju. Selain itu, dia punya bakat alami untuk bisa dipercaya sama semua orang. Papa muda ini juga punya jokes yang (sumpah) lucu dan cerdas banget. Didalam band, posisinya adalah gitaris plus vokalis.


Last but not least, Dokter Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) adalah dokter bedah syaraf yang super cantik, super pintar, super baik, super super deh pokoknya, sempurna banget. Tapi dia punya satu kelemahan, buta nada. Di band, Song Hwa punya posisi sebagai bassist, tentunya dengan latihan bertahun-tahun. Dia juga punya kebiasaan makan yang cepat banget, persis seperti Jun Wan. Selain itu, sebagai dokter senior dia sayang banget sama rekan setimnya. Awalnya mungkin terkesan galak kayak Jun Wan (Jun Wan lagi), kalau marahin junior ga pakai belas kasihan. Tapi dibalik itu semua, Song Hwa ingin para junior bisa jadi ahli bedah syaraf yang oke. Dokter yang punya hobi berkemah ini paling sering jadi nominasi nomor satu buat para mama teman se-geng-nya sebagai calon menantu. Sampai mamanya Jeong Won bilang, "Jeong Won-ah, cepatlah menikah, mama suka sekali sama Song Hwa". Haha.


Nah, mereka berlima juga suka makan bareng entah di rumah sakit atau pun di kedai makanan. Biasanya saat makan ini muncullah jokes lucu nan cerdas bukan hanya dari Ik Jun, tapi dari para member lainnya. Mereka juga suka makan gratis, kalau Jeong Won si anak pemilik RS atau Seok Hyeong si anak chaebol traktir makan, ga tanggung-tanggung, mereka bisa pesan makanan super banyak. 


Di waktu senggang (yang biasanya ditampilkan di akhir episode) mereka suka main musik bareng. Lagunya juga bagus-bagus, ditambah vokal dari Ik Jun yang mendominasi penampilan mereka. Ini juga salah satu yang membuat Hospital Playlist berbeda dari drama kedokteran pada umumnya. Tidak hanya menunjukkan sisi seorang dokter saat mengobati pasien, tapi juga sisi lain dokter sebagai manusia yang punya hobi dan kisah persahabatannya sendiri. 

Hospital Playlist adalah salah satu drama yang bisa membuat penontonnya merasakan kehangatan dari masing-masing karakter di dalamnya. Drama tvN yang berjumlah 12 episode ini juga dapat dijadikan pilihan pengisi waktu senggang ditengah-tengah PSBB saat ini. Selamat menonton!

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!