MIMPI : 12 LANGKAH MERAIHNYA

Hai guys, kembali ke rosolusi yang gue kasih tau di postingan pertama gu di 2017. Tahun ini gue akan lebih sering ngeposting di blog yang udah cukup usang ini. Postingan gue kali ini bertajuk motivasi. Etjieeee. Hahaa.

Ada yang tahu Paulo Coelho? Atau ada yang pernah baca The Alchemist? Kalau kalian belum pernah sama sekali tahu tentang Paulo Coelho maupun The Alchemist, ketika kalian pergi ke Toko Buku Gramedia mampir-mampirlah ke deretan buku fiksi/best seller dan kalian akan menemukan sederet karya Paulo Coelho, sang penulis dari Brazil. Buku-buku karya beliau ini penuh motivasi membangun harapan, mimpi, dan kepercayaan. Tapi jangan terkejut juga kalau kalian menemukan sepenggal cerita berbau romansa dewasa dalam novel-novel karya beliau ya. Karena memang beliau ini bukanlah penulis remaja atau kisaran twenties hehe.

Nah, selain buku, beliau juga aktif menulis blog. Kalian bisa subscribe blognya juga loh. Salah satu tulisan beliau yang sudah cukup lama ditulis di blognya adalah tentang mimpi. Beliau menuliskan 12 cara meraih mimpi oleh Alan Cohen, seorang terapis asal Hawaii yang pernah bertanya dalam seminarnya tentang seberapa banyak dari penonton yang tidak puas dengan pekerjaan mereka dan tujuh puluh persen penonton mengangkat tangannya. So, apa sajakah 12 langkah meraih mimpi by Alan Cohen yang ditulis Paulo Coelho dalam blognya?

MIMPI : 12 LANGKAH MERAIHNYA

1. Katakan kebenarannya pada dirimu

Gambar dua kolom dalam selembar kertas. Disebelah kiri tulis apapun yang sangat ingin kamu lakukan. Lalu disebelah kanannya tulis hal-hal yang sedang kamu kerjakan tanpa semangat sedikitpun. Tulislah seolah-olah tidak akan pernah ada orang yang  membacanya. Jangan mengecam atau menghakimi jawabanmu sendiri.

2. Mulailah perlahan, tapi yang terpenting mulailah

Hubungi agen perjalanan, cari sesuatu yang sesuai dengan kantongmu, misalnya menonton film yang sangat ingin kamu tonton di bioskop; membeli buku yang selalu ingin kamu beli. Berbaik hatilah pada dirimu sendiri dan kamu akan melihat bahwa langkah-langkah kecil seperti ini akan membuatmu merasa lebih hidup.

3. Berhentiah perlahan, tapi yang terpenting berhentilah

Banyak hal sudah menguras seluruh tenagamu. Misalnya, apakah kamu benar-benar perlu pergi ke sebuah pertemuan tertentu? Apakah kamu perlu menolong orang lain yang tidak mau ditolong? Apakah atasanmu punya hak untuk memintamu lembur berkerja dengan pergi bersamanya ke semua pesta yang selalu sama? Ketika kamu berhenti melakukan apapun yang tidak membuatmu tertarik, kamu akan menyadari bahwa kamu sudah memaksa dirimu melakukan hal-hal yang tidak perlu kamu lakukan, padahal seharusnya kamu dapat memenuhi perminataan orang lain yang benar-benar membutuhkanmu.

4. Temukan bakat terpendam mu

Apa yang temanmu katakan padamu tentang suatu hal yang kamu lakukan dengan baik? Hal apa yang kamu lakukan dengan kegembiraan, meskipun tidak secara sempurna dikerjakannya? Bakat-bakat kecil seperti ini adalah pesan tersembunyi menuju panggilan akan bakatmu yang lebih besar.

5. Mulailah memilih

Jika suatu hal tertentu membuatmu merasa senang, jangan ragu untuk melakukannya. Jika kamu masih ragu, tutup matamu, bayangkan kamu telah membuat keputusan A dan lihat kemana semua hal itu akan membawamu. Sekarang lakukan hal yang sama pada keputusan B. Pilihan yang membuatmu merasa lebih terhubung dengan kehidupan adalah keputusan yang paling tepat - bahkan jika keputusan itu bukanlah sebuah keputusan yang mudah.

6. Jangan dasari keputusanmu dengan keuntungan finansial

Keuntungan akan datang jika kamu melakukan sesuatu dengan semangat besar. Sebuah pot yang sama, yang dibuat oleh seorang pembuat pot yang mencintai pekerjaannya dan yang dibuat oleh seseorang yang membenci pekerjaan itu, memiliki sebuah jiwa. Pot itu akan cepat laku (kasus pertama) atau akan tetap dalam rak (kasus kedua).

7. Ikuti nalurimu

Pekerjaan yang paling menarik adalah pekerjaan yang membuat dirimu menjadi kreatif. Descartes, Bapak Ilmu Pengetahuan, mengembangkan metodenya berdasarkan mimpi yang ia miliki.

8. Jangan takut untuk mengubah pikiranmu

Jika kamu sudah membuat keputusan dan hal ini mengganggumu, pikirkan kembali keputusanmu itu. Jangan menentang hal yang membuatmu merasa bahagia.

9. Belajar cara beristirahat

Satu hari dalam seminggu tanpa memikirkan pekerjaan biarkan alam bawah sadar menolongmu, dan banyak masalah (tapi tidak semuanya) akan terpecahkan tanpa bantuan dari pikiran sadarmu.

10. Biarkan segala sesuatunya menunjukan jalan yang lebih menyenangkan padamu

Jika kamu bergumul terlalu lama akan sesuatu, tanpa hasil yang jelas, cobalah lebih fleksibel dan ikuti jalan yang menawarkan kehidupan padamu. Tapi bukan berarti kamu menyerah pada pergumulanmu, atau menjadi semakin malas atau meninggalkan begitu saja pergumulan itu - namun artinya adalah memahami bahwa bekerja dengan passion akan membawa kita pada kekuatan, bukan pada hilangnya harapan.

11. Pahami tanda-tanda/petunjuk-petunjuk

Tanda/Petunjuk adalah bahasa pribadi yang bersatu dengan naluri yang akan muncul pada saat yang tepat. Bahkan jika tanda/petunjuk tidak berjalan searah dengan apa yang sudah kamu rencanakan, ikutilah tanda/petunjuk itu. Terkadang kamu bisa saja salah, tapi inilah cara terbaik untuk belajar bahasa baru ini.

12. Terakhir, ambil resiko!

Seseorang yang telah mengubah dunia menjalani kehidupan mereka atas dasar sebuah kepercayaan. Percayalah pada kekuatan mimpimu. Tuhan itu adil, Dia tidak akan memberikan keinginan besar dalam hatimu yang tidak dapat menjadi nyata.

Ya. Itulah 12 langkah meraih mimpi menurut Alan Cohen yang ditulis oleh Paulo Coelho. Mimpi. Cobalah langkah-langkah ini dan lihatlah apa yang akan terjadi. ^^

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!