School 2013: Preview



Nah, kali ini gu kembali lagi dengan drama baru, hhmm, sebenernya sih ga baru-baru banget, tapi karena belum tayang di salah satu stasiun TV Swasta di Indonesia plus baru kelar episode terakhirnya Januari kemarin, jadi gu anggap ini K-Drama baru ..

Anyway, ini K-Drama apa ya yang lagi gu bicarakan? Nah, K-Drama ini berjudul 'School 2013' yang bercerita tentang kehidupan anak SMA di Korea dari sudut pandang anak laki-laki yang tidak suka sekolah dan kehidupan mereka penuh bullying. Dalam drama ini juga, kita akan sadar bahwa banyak hal yang tidak diceritakan seorang siswa kepada gurunya demi pertemanan atau hanya sekedar tidak ingin menjadi pengadu. Namun, jangan harap menemukan kisah cinta dalam drama ini karena alur dan setting lebih menceritakan tentang kehidupan anak-anak yang penuh kekerasan. Selain itu, penceritaan dari sisi guru juga menarik karena sebagi seorang siswa, kita akan tahu bahwa seorang guru lebih sabar dari apa yang kita lihat. 

Tokoh utama dalam School 2013 adalah siswa kelas 2 SMA sekaligus ketua kelas Go Nam Soon (Lee Jong Suk) yang sangat membenci sekolah sejak dia berada di Sekolah Dasar. Ia anak yang tidak suka membuat keributan, ia datang ke sekolah bukan untuk belajar melainkan untuk tidur dan makan. Hampir setiap pelajaran dimulai ia selalu melihat keluar jendela karena tidak suka belajar. Namun Go Nam Soon memiliki hati yang baik dan peduli terhadap temannya, oleh karena itu dia ditunjuk oleh salah satu temannya untuk menjadi ketua kelas.

Sedangkan untuk guru, Guru Jung In Jae (Jang Na Ra) adalah tokoh utamanya. Guru Jung adalah wali kelas yang memiliki rasa peduli dan rasa sabar yang tinggi dalam menghadapi murid kelas 2 yang terkenal malas belajar dan susah diatur. Dalam drama ini, Guru Jung dihadapkan dengan berbagai sifat nakal, keras kepala, membangkang, sombong dan pemalu dari siswa kelas dua yang ia bimbing. Bersama Guru Kang Se Chan (Choi Daniel) yang adalah wali kelas kedua kelas 2, Guru Jung menghadapi perilaku siswa kelas 2. Namun Guru Kang yang sudah terkenal sebagai tutor di tempat les ini memiliki sifat yang berbanding terbalik dengan Guru Jung. Guru Kang seorang guru yang berprinsip, 'jika kau tidak suka kelasku, maka kau tidak perlu menghadiri kelasku'. Hal ini menyebabkan Go Nam Soon yang tidak suka belajar harus keluar dari kelasnya selama beberapa pertemuan. Guru Kang juga tidak suka terlibat jauh dengan anak-anak sehingga seringkali ia menolak untuk melakukan bimbingan personal dengan muridnya.

Siswa lainnya yang termasuk dalam alur utama cerita adalah siswa Park Heung Soo (Kim Woo Bin) yang bernampilan dingin dan disegani. Ia merupakan siswa pindahan di SMA Seungri ini. Kehadiran Park Heung Soo yang terkenal sebagai seseorang yang pernah menjadi preman sekolah ini membuat Go Nam Soon terkejut karena Park Heung Soo merupakan bagian dari masa lalunya yang membuat ia merasa begitu bersalah hingga saat dimana ia bertemu denganya kembali di kelas 2 SMA. 

Cerita siswa SMA tidak akan lengkap jika tidak ada tokoh anak nakal didalamnya. Karakter anak nakal dalam drama ini adalah siswa Oh Jung Ho (Kwak Jung Wook) yang merupakan siswa paling nakal di sekolah. Ia sering absen untuk ke tempat billiard, sering meminta paksa uang teman-teman di kelas, selalu mengganggu siswa yang lemah, tidak mendengarkan perkataan guru, bahkan ia selalu menyerang Go Nam Soon hingga membuatnya dipukuli oleh geng di tempat billiard. Dalam melaksanakan aksinya, Oh Jung Ho ditemani oleh dua orang sahabatnya, Lee Ji Hoon dan Lee Yi Kyung yang juga sama seperti Oh Jung Ho, tidak pernah memikirkan tanggung jawabnya sebagai siswa. 

Dimana ada anak malas disana ada anak rajin. Begitu pula dalam School 2013. Siswi Song Ha Gyeong (Park Se Young) adalah anak paling pintar di kelas 2, ia juga berada diperingkat pertama dalam tes masuk SMA Seungri. Song Hae Gyeong adalah wakil ketua kelas yang mencalonkan dirinya sendiri untuk mendapat nilai tambahan. Ia siswi yang hanya peduli dengan pelajaran dan nilai, namun perlahan ia menjadi peduli dengan teman-temannya dan juga pada Guru Jung. Song Ha Gyeong berteman dekat dengan Lee Kang Joo (Ryu Hyo Young) yang dapat dikatakan sebagai siswa perempuan yang paling dekat dengan Go Nam Soon. Lee Kang Joo murid yang pintar namun ia membawa dirinya lebih santai dibanding anak-anak lain yang selalu mengejar nilai. Daftar anak rajin dan pintar berikutnya adalah Kim Min Ki (Choi Chang Yub). Ia adalah mantan ketua kelas yang memiliki ibu paling berpengaruh di sekolah. Ibunya memimpin dewan orang tua murid di sekolah, sehingga jika terjadi sesuatu yang merugikan anaknya ia dapat datang menemui kepala sekolah untuk mengubahnya. Namun, Kim Min Ki adalah anak yang baik, ia rendah hati dan peduli. Ketika guru tidak mengajar, Kim Min Kin akan menjadi guru bagi anak-anak yang lain. Ia juga cukup sering berkomunikasi dengan Go Nam Soon. 

Masih banyak siswa lainnya yang memiliki karakter dan kehidupan mereka sendiri yang mana akan dihadirkan dalam School 2013. Disinilah letak salah satu keunggulannya, drama ini tidak hanya berfokus pada masalah yang dialami Go Nam Soon sebagai tokoh utama, melainkan siswa kelas 2 yang lain. Selain masalah siswa, drama ini juga menyuguhkan masalah yang dialami para guru. Terutama Guru Jung yang selalu ingin diberhentikan sebagai wali kelas dan juga guru Sastra di sekolah.

Drama ini juga menceritakan tentang betapa kuatnya persahabatan diantara anak laki-laki. Ditambah drama ini memberikan pelajaran bagi orang tua bahwa tidak semua yang anak alami akan dengan mudah diceritakan kepada orang tua mereka. Dalam hal ini, Guru Jung memberikan contoh baik dalam menghadapi anak-anak dengan rasa sabarnya. 

Ya, pokoknya drama ini WAJIB banget untuk ditonton ^^ Gu aja sampe jadi heungsoon shipper gara-gara drama ini :p hohoho .. Let's watch!!

Comments

Anonymous said…
Lee Jong Suk & Kim Woo Bin!! ~~

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!