Jelajah Kampus Eropa Dalam Sehari

Wuihhh, keren ya judulnya XD
Hahha, itu hanya sebuah judulnya belaka, tapi beneran kok, gue sama temen gue, Cahaya, Sabtu kemarin habis menjelajah kampus-kampus di Eropa seharian di Thamrin Nine Ballroom dalam acara European Higher Education Fair [EHEF] 2012.

Acara ini dibuka untuk umum dan diadakan dua hari, Sabtu dan Minggu [2/4 Nov 2012] di Thamrin, Jakarta Pusat. Tujuan dari acara tahunan ini adalah untuk memperkenalkan siapapun, khususnya masyarakat Indonesia dengan universitas-universitas di Uni-Eropa. Tidak hanya memperkenalkan tapi juga memberikan informasi secara detail tentang universitas disana.

Tsahh, bahasa gue di paragraf kedua asik bener :p
Jadi awalnya pas baru dateng di Thamrin Nine Ballroom itu kita dikasih tas sama buku panduan tentang kampus-kampus di Uni-Eropa kyak gini ..


Terus pas awal2 masuk kesana banyak stand dari tiap universitas Uni-Eropa dan yang sempet bikin kicep adalah yang jaga stand bule-bule asli sana ~~ Udah mulai pasrah tuh awalnya, tapi dipikir-pikir lagi, jauh-jauh gue dateng kesini ga lengkap kyaknya kalo ga nanya2 tentang universitas mereka sekalian practice juga gue, secara mahasiswa Sastra Inggris gitu kan, malu sama jurusan kalo ga mau ngomong sama bule-bule itu, haha. Hasilnya gue ke beberapa stand yang dihuni bule-bule kece itu sama Cahaya.

Dan ... berhasil deh nanya2 tentang universitas mereka, oh iya, ga cuma dapet info detail tapi juga dapet buku panduan dari tiap stand yang gue kunjungi. Kyak gini nih buku2nya.


Ini buku dari Deutscher Akademischer Austausch Dienst [DAAD] atau in English, German Academic Exchange Service. 
DAAD ini organisasi perkumpulan universitas di German yang tugasnya memberikan informasi lebih jauh tentang universitas disana. Lebih lengkap bisa kunjungi website-nya, www.daad.de, kalo mau tau tentang tanggapan mahasiswa asing yang kuliah disana bisa kesini -> www.daad.de/blog.


Bonjour! Kalo yang ini buku dari Universitas di Prancis. Gue ga terlalu concern sama kampus disana karena sebagian besar KBM'a pake Bahasa Prancis. 


Ini dari Groningen University, Netherlands. Universitas ini cukup menarik karena mahasiswanya datang dari berbagai negara dan kata bule yang gue tanyain ada banyak mahasiswa Indonesia yang belajar disana.

Sodara-sodara, ini nih yang paling gue minati, United Kingdom. Stand dari negara ini paling banyak, dari yang di Ibu kota London sampe Manchester lengkap. Nih buku2nya.


Ini buku dari Brusel University sama Goldsmiths, University of London.


Ini dari King's College London.


Ini dari Manchester Metrpolitan University.

FYI, kampus2 di Inggris ini terkenal cukup mahal baik tuition maupun cost living. Kenapa? Karena mereka pake Pounds dan biaya hidup disana cukup tinggi, terutama di London. Sempet nanya di stand Brusel University berapa cost living'a, kata mas2 yang jaga stand-nya, sekitar 8000 Pounds per bulan. Itu paling murah diantara daerah lain. *langsung ngitung, 8000 x 15.000* *mati* *gentayangan di London*.

Ya, pokoknya kuliah diluar negeri kalo ga pake beasiswa itu mahal sodara2. Sebelum kesana aja kita harus punya jaminan uang ditabungan minimal 300-400juta buat ngejamin apakah kita ga akan hidup ngegembel di negeri orang. Selain itu, biaya kuliah yang minimal 20juta setahun itu jarang2, biasanya diatas itu kalo kita ga pake beasiswa. Tambahan nih, beasiswa juga jarang yang full, biasanya sekitar 20-70% aja, itupun only tuition, without cost living. Oh ya, biasanya universitas negeri jarang banget ada yang ngasih scholarship buat mahasiswa asing, kebanyakan yang ngasih itu universitas swasta.

Tapi kalo ada niat pasti ada jalan. Yang penting lancarin dulu English-nya sama tingkatin IPK/GPA, TOEFL sama IELTS juga kudu tinggi, ga pake tabungan isinya cuma puluhan juta, mesti ratusan juta [yang ini kibarin bendera putih], dan siapin mental kalo ga mau kena culture shock. Haha.

Sempet juga ngambil beberapa postcard lucu dari sana. Nih kyak gini :



Kalo ini gue, ahhaha :


Oke, sampe disini dulu postingan gue, semoga bermanfaat bagi kalian yang mau ngelanjutin Bachelor atau Master disana. Good Luck!

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!