Ulzzang

Sebenernya istilah ini udah lama ada dan mungkin untuk sebagian orang, khususnya k-popers, udah pada tahu apa itu Ulzzang. Tapi gue mau ngebahas lebih dalam tentang ulzzang disini, karena ada salah satu blog yang bilang mantannya Yesung Oppa sama Kyuhyun Oppa itu seorang ulzzang. Nah, dari situ gue penasaran apaan sih tuh ulzzang, sampe-sampe bisa jadi mantannya idola top macam oppadeul gue (gue ? ELF kali). Awalnya gue kira ulzzang itu semacam asisten artis atau model-model cewe yang dunianya ga jauh-jauh sama dunianya oppadeul. Ehhh, setelah gue telusuri di google dan baca beberapa artikel tentang ulzzang, artinya jauh banget sama tebakan gue, haha.

Jadi pemirsa, yang dimaksud ulzzang adalah seorang laki-laki atau perempuan Korea yang memiliki tampilan oke, baik secara fisik (lebih ke arah wajah) maupun cara berpakaian. Ulzzang sendiri memiliki arti best face, kata aslinya sih Oljjang (얼짱= 얼굴+짱), jjang berarti terbaik, nah seiring perkembangan waktu Oljjang berubah nama jadi Ulzzang karena seringnya kata ini digunakan di dunia maya. Seorang Ulzzang biasanya mengupload foto mereka ke cyworld (sebuah situs jejaring sosial Korea yang ga kalah rame dari twitter, contoh artis yang punya cyworld itu bias gue sodara-sodara, Yesung :P), ke facebook atau blog mereka. Terus nih ya, seorang Ulzzang juga bisa jadi model bahkan bisa juga loh jadi artis, sebagai contoh, Gongchan B1A4 pernah menang kontes Cyworld Ulzzang Challege. Katanya juga Go Hye Sun, Park Han Byul sama Jung Yong Hwa C.N Blue adalah mantan Ulzzang.

Whatever lah siapa aja yang pernah jadi Ulzzang ga masalah asalkan dia jadi artis karena memiliki kemampuan.

Chingudeul, ternyata ada bedanya loh antara Ulzzang cewe dan cowo. Kalo Ulzzang cewe lebih mengeksplor keindahan mata dengan make up yang keren (eyeliner-nya itu loh) dan penggunaan circle lens yang membuat mata mereka terlihat lebih besar, bulat atau bahasa kita belo. Sementara Ulzzang cowo lebih memfokuskan pada bagian mata, hidung dan bibir (biar seksi kali ya, hoho). Tapi eh jangan salah, ga ada sentuhan operasi plastik sama sekali di wajah seorang Ulzzang (sebagian besar, ga tau sebagian kecilnya) karena kalau kita lihat foto asli para Ulzzang (yang tentunya bukan artis macam ‘Geum Jan Di’) itu wajah mereka biasanya agak beda, jadi lebih biasa kalau menurut gue. Pokoknya sentuhan make up berperan penting untuk membuat seorang Ulzzang ga kalah cantik dan imut dari artis top Korea.

Dan, setelah gue lihat satu-satu foto Ulzzang di google mereka emang bener-bener keren. Dari segi make up mereka bikin gue envy, cantik banget deh, terus teknik pengambilan fotonya juga bagus (oia, ini juga penting loh untuk seorang Ulzzang), ga kalah sama foto-foto artis Korea yang suka di upload ke twitter. Tambahan, ada juga Ulzzang tomboy, yang aslinya mereka cewe trus pas foto jadi cowo yang super ganteng, imut, dan keren. Cowo-cowo aja biasanya kalah ganteng, tapi si Ulzzang tomboy ini juga bisa jadi Ulzzang cewe yang cantik banget. Entah kenapa mereka kayak punya dua kepribadian, daebak lah.

Kesimpulannya, (ini mau bikin makalah apa ya), gue harus jadi seorang Ulzzang biar dilirik sama Oppadeul #eehhh, salah salah, gue jadi paham sekarang kenapa Yesung Oppa dan Kyuhyun Oppa pernah dibilang punya mantan yang seorang Ulzzang. Mantannya itu kan seorang Ulzzang ya (diulang), perhaps, mereka kenal di dunia entertainment karena seorang Ulzzang kan punya potensi untuk jadi artis atau jadi model. Kali aja Yeppa sama Kyuppa terpesona sama keimutan mereka sebagai Ulzzang.

Ulzzang yang katanya mantannya Yeppa maybe punya wajah imut dan polos sedangkan Ulzzangnya Kyuppa might, punya dahi yang indah kalo rambutnya disisir kebelakang (ngetiknya sambil ngelap air mata). Aigo, apan nih ngebahas Ulzzang jadi sambil galau begini. Cukuplah sampe disini.

Oke, begitulah penjelasan gue tentang Ulzzang. Kalo ada salah salah info, mianhae.

(fyi, di youtube banyak loh tutorial make up ala Ulzzang) <– di BOLD



Comments

Shizuka Shin said…
wah thanks infonya, dear ^^

Popular posts from this blog

[Review] Mr. Sunshine, Reinkarnasi Jin Goo dan Kim Ji Won di DotS!

[FanFict] DO TIMJANG VOICE 3

Study In UK !!!